Selasa, 08 Desember 2009

MUMUN MUNAWAROH_TIPS 2_HARI KE-1

MASALAH (1)
Bila pencemaran udara sudah merajalela, apa jadinya dengan: a) kesehatan kita, b) tanaman, c)cuaca dan iklim.
PENGEMBANGAN (1)
a) “Apa akibatnya bila terjadi pencemaran udara terhadap kesehatan kita?” Jawab: akan akan merusak sistem jaringan pernafasan kita.
“Apa akibatnya bila sistem jaringan pernafasan kita rusak?” Jawab: kita akan menderita penyakit pernafasan seperti: sesak tenggorokan, batuk, asma, kanker paru-paru dan kita juga akan terserang penyakit jantung.
“Apa akibatnya bila kita menderita penyakit pernafasan dan jantung?” Jawab: akan mengakibatkan kematian.
b) “Apa akibatnya bila terjadi pencemaran udara terhadap tanaman?” Jawab: tanaman akan menyerap zat-zat pencemaran melalui daunnya.
“Apa akibatnya bila tanaman menyerap zat-zat pencemaran melalui daunnya?” Jawab: daun-daun tersebut akan menjadi berlubang-lubang, luntur warnanya kemudian layu.
“Apa akibatnya bila daun-daun berlubang-lubang, luntur warnanya kemudian layu?” Jawab: dedaunan itu akan mati dan mengakibatkan matinya seluruh tanaman.
c) “Apa akibatnya bila terjadi pencemaran udara terhadap cuaca dan iklim?” Jawab: akan mengakibatkan perubahan cuaca dan iklim yang tidak normal.
“Apa akibatnya perubahan cuaca dan iklim tidak normal?” Jawab: akan mengakibatkan keadaan dunia menjadi panas atau dingin secara meluas.
“Apa akibatnya bila keadaan dunia menjadi panas atau dingin secara meluas?” Jawab: cepat atau lambat kehidupan akan berakhir.

MASALAH (2)
Pencemaran udara
PENGEMBANGAN (2)
 Kenapa terjadi pencemaran udara? Jawab: karena manusia tidak bisa menjaga lingkungannya dengan baik.
 Kenapa manusia tidak bisa menjaga lingkungannya dengan baik? Jawab: karena manusia tidak memiliki kesadaran bahwa menjaga lingkungan itu sangat penting.
 Kenapa menjaga lingkungan itu sangat penting? Jawab: untuk menjaga kesehatan.
 Kenapa harus menjaga kesehatan? Jawab: karena kesehatan itu mahal.
 Kenapa kesehatan itu mahal? Jawab: karena kesehatan itu adalah modal utama dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar